Cara Jitu Menghilangkan Kutu Kucing

  • March 24, 2020

Hingga saat ini kucing masih menjadi hewan peliharaan yang sangat populer dan menjadi pilihan utama banyak orang sebagai hewan yang bisa menemani di rumah. Memiliki kucing berarti anda harus siap menjaga kesehatannya agar ia selalu terawatt dan juga bersih. Kucing juga merupakan salah satu hewan yang sangat menyukai kebersihan oleh sebab itu sebagai pemilik anda harus memastikan kebersihan kucing selalu terjaga dan membuatnya selalu merasa nyaman. Tidak jarang juga kucing terserang kutu yang meruapakan parasit eksternal yang menular. Kutu kucing sendiri merupakan parasit yang hinggap di tubuh kucing yang hidup dengan menghisap darah. Jenis parasit yang satu ini juga dapat dilihat dengan mata telanjang.

Kutu kucing yang hinggap di tubuh kucing kesayangan anda tentu saja akan membuatnya merasa gatal dan tidak nyaman. Kucing yang terserang kutu juga umumnya akan terlihat lebih lesu dan tidak aktif seperti biasa. Hal tersebut dikarenakan kucing akan mengalami dehidrasi karena gigitan kutu yang hinggap di tubuhnya. Gejala akhir dari kutu kucing ini adalah anemia. Lantas bagaimana cara menghilangkan kutu pada kucing? Berikut ini adalah cara jitu menghilangkan kutu kucing yang perlu anda ketahui.

1. Menggunakan shampoo khusus kutu kucing

Mandi merupakan salah satu aktivitas pembersihan yang harus rutin dilakukan oleh pemilik kucing. Selain itu juga grooming bisa membantu anda menghilangkan kutu kucing pada tubuh kucing. Jika anda ingin memilih memandikannya sendiri pilihlah shampoo khusus pembasmi kutu kucing.

2. memberikan obat kutu
Cara menghilangkan kutu kucing yang paling efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan obat kutu yang cocok pada kucing. Salah satu obat kutu yang paling banyak direkomendasikan oleh banyak orang adalah fluffy cat. Namun sebelum menggunakan obat kucing yang satu ini pastikan anda membaca terlebih dahulu aturan pakainya atau konsultasikan dengan dokter hewan terdekat. Obat kutu dapat membantu membasmi timbuh kembang kutu kucing di tubuh kucing. Kehadiran kutu pada kucing tentu saja akan membuatnya merasa tidak nyaman karena gatal yang ditimbulkannya. Selain gatal kutu kucing juga bisa membuat kucing kehilangan semangat dan lesu karena darahnya banyak dihisap oleh parasit tersebut.

3. menyisir bulu kucing secara rutin
Setelah mandi, kegiatan lain yang tak boleh terlewatkan adalah menyisir bulu kucing agar tidak kusut dan menggumpal. Menyisir bulu kucing juga ternyata sangat ampuh untuk mengusir kutu kucing dari kucing kesayangan anda. Anda harus menggunakan sisir yang tepat dengan menyesuaikannya dengan jenis bulu yang dimiliki oleh kucing anda. Kemudian sisir bulu kucing secara merata. Kegiatan yang satu ini harus rutin dilakukan setelah mandi karena sangat efektif untuk mencegah kembalinya kutu pada tubuh kucing yang tentunya sangat todak nyaman. Selain itu menyisir kucing juga menjadi salah satu kegiatan yang bisa membbuat bulu kucing menjadi lebat.

4. memberikan vaksin ivermectin
Masalah kutu kucing yang sulit diatasi bisa dikonsultasikan kepada dokter hewan. Selanjutnya kucing akan diberikan vaksin ivermectin oleh dokter hewan. Hal ini merupakan salah satu jalan alternatif yang bisa dicoba oleh anda untuk menghilangkan kutu pada kucing. Namun anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum meminta diberikan vaksin ini. ivermetcin sendiri bisa membasmi cacing dan juga ektoparsit lain seperti kutu kucing. Namun vaksin yang satu ini tidak bisa digunakan untuk membunuh telur kutu. Biasanya kucing membutuhkan 3 kali suntikan ivermectin ini dengan jarak 3-4 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Vaksin ini tidak bisa diberikan kepada kucing yang berusia di bawah 3 bulan. Hal tersebut dikarenakan suntukan ini bisa membuatnya keracunan dan merusak ginjal kucing.

Wynono

E-mail : admin@pottermaniac.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*