Cara Merawat Burung Kakak Tua yang Baik dan Benar

  • March 24, 2020

burung kakak tua merupakan salah satu jenis burung yang sangat terkenal dan sukses menarik perhatian banyak orang. Burung yang satu ini memiliki karakter unik karena ia menyukai ketika berinteraksi dengan manusia. Karakter inilah yang membuatnya begitu disukai oleh para pecinta burung. Selain itu, burung kakak tua juga merupakan jenis burung yang sangat setia, pintar, aktif, memiliki rasa penasaran yang sangat besar terhadap lingkungannya, dan sangat suka memamerkan dirinya. Hal tersebut ditunjukan oleh burung kakak tua melalui tingkah lakunya yang suka membentangkan sayap, menari-nari, menggerakkan kepalanya, dan juga berkicau untuk membuatnya terlihar sangat menarik.

Burung kakak tua juga bisa dilatih berbicara seperti burung beo. Tertarik memelihari burung pintar yang satu ini? anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara merawatnya agar ia bisa tumbuh dengan baik. Berikut ini adalah cara merawat burung kakak tua yang bisa anda lakukan di rumah agar burung ini bisa tunbuh dengan sehat dan merasa bahagia dengan lingkungannya.


1. Simpan kandang di tempat yang ramai
Kakak tua merupakan salah satu jenis burung yang senang bersosialisasi dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap lingkungannya. Oleh sebab itu anda harus menyimpan kandangnya di tempat yang ramai agar ia bisa lebih sering bertemu dengan banyak orang dan merasa lebih diperhatikan oleh pemiliknya. Buatlah kandang yang tidak melebihi tinggi anda agar mudah untuk melihat dan melakukan interaksi dengannya.

2. Jangan biarkan ia terkena sinar matahari langsung
Sinar matahari langsung dapat membuat burung kakak tua merasa kepanasan dan juga marasa silau. Oleh sebab itu jangan biarkan burung kakak tua kesayangan anda terkena sinar matahari langsung yang akan membuatnya merasa tidak nyaman. Anda harus menempatkan kandangnya jauh dari paparan sinar matahari langsung namun kandang tetap dalam kondisi yang hangat.

3. Jaga selalu kebersihan kandang
Burung kakak tua merupakan salah satu jenis burung yang tidak suka tempat yang kotor. Oleh sebab itu pastikan anda selalu menjaga kebersihan kandang burung kesayangan anda secara rutin agar membuatnya selalu merasa nyaman. Selain itu kebersihan juga akan membuat burung kakak tua terhindar dari segala jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri-bakteri jahat. Dengan dimikian burung kakak tua milik anda akan tumbuh dengan sehat.

4. Berikan teman
Jika dirasa anda memiliki waktu yang sibuk dan kurang bisa meluangkan waktu untuk bermain dengan burung kakak tua milik anda, maka berikanlah ia teman yang berasal dari jenis yang sama. Hal ini bisa mengurangi rasa bosan yang dirasakannya. Pasalnya burung kakak tua umumnya akan melakukan hal-hal yang kurang baik ketika merasa bosan. Salah satu jalan alternatif untuk menghiburnya adalah dengan memberinya mainan seperti boneka yang bisa diajaknya bermain. Merawat burung kakak tua memang sangat membutuhkan ketelatenan anda. Anda harus memberikan perhatian dan juga kasih sayang kepadanya untuk membuatnya tidak merasa diabaikan dan juga bisa tumbuh dengan sangat baik.

5. Beri makanan yang tepat
Anda tidak boleh lupa memberi makan burung kakak tua milik anda secara rutin. Selain itu kenali berbagai macam makanan yang sangat disukainya. Umumnya kakak tua menyukai jagung muda dan juga papaya. Anda juga bisa memberikan buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. Burung kakak tua dikenal sebagai burung yang sangat menyukai buah papaya, pisang, dan juga apel. Jangan biarkan ia mengkonsumsi alpukat karena kurang baik untuk pertumbuhannya.

Wynono

E-mail : admin@pottermaniac.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*