Mengenali Keistimewaan yang Dimiliki Burung Puyuh

  • March 24, 2020

Burung puyuh adalah salah satu jenis hewan unggas yang memiliki ukuran tubuh yang kecil dan juga gemuk. Yang membedakannya dengan jenis burung lainnya, burung puyuh ini tidak membangun sarangnya di atas pohon tetapi membuat sarangnya di atas permukaan tanah. Hal tersebut dikarenakan jenis burung yang satu ini masuk ke dalam kategori burung yang sulit terbang. Oleh sebab itu mereka memilih permukaan tanah untuk membuat sarangnya. Di kalangan masyarakat Indonesia burung puyuh bukanlah sebuah hal yang asing lagi di telinga. Pasalnya burung ini telah banyak dibudidayakan untuk diambil telurnya. Telur puyuh sendiri selain memiliki banyak manfaan bagi kesehatan tubuh manusia, ia juga memiliki rasa yang nikmat.

Pada umumnya burung puyuh ini memiliki ukuran tubuh yang pendek dengan panjang sekitar 19 cm saja, burung yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang bulat dengan ekor pendek, paruhnya pendek dan kuat, dan memiliki empat jari. Untuk warnanya sendiri, burung ini kebanyakan memiliki warna cokelat kemerahan atau kekuningan yang dilengkapi dengan corak khas burung puyuh yang disesuaikan dengan jenisnya. Untuk jenisnya sendiri, ada empat jenis burung puyuh yang tersebar di seluruh dunia. Keempat jenis tersebut diantaranya adalah burung puyuh jepang, burung puyuh batu, burung puyuh gonggong jawa, dan juga burung puyuh bobwhite.

Di Indonesia sendiri burung puyuh yang banyak adalah jenis gonggong jawa yang memiliki corak garis dan totol pada bulunya. Namun banyak juga burung puyuh jepang yang dibudidayakan di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan puyuh jepang ini terkenal dengan kemampuannya dalam menghasilkan telur yang banyak. Satu ekor burung puyuh jepang dapat menghasilkan sekitar 300 butir telur alam satu tahun dengan berat telur sekitar 10 gram tiap butirnya. Telur puyuh juga sering kali dijadikan sebagai bahan pelengkap dan juga camilan yang lezat untuk anak-anak. Oleh sebab itu burung puyuh di Indonesia banyak dibudidayakan karena memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Pada dasarnya, burung ini merupakan burung pemakan biji-bijian, namun sering juga ditemukan burung puyuh yang gemar memakan serangga kecil ataupun binatang berukuran kecil lainnya. Karena ia hidup di atas permukaan tanah, burung ini memiliki kemampuan berlari dengan kecepatan yang tinggi meski jarak tempuhnya tidak terlalu jauh. Burung puyuh sebenarnya bisa menggunakan sayapnya untuk terbang seperti jenis burung yang lainnya, akan tetapi mereka tidak bisa menggunakan sayapnya untuk menempuh perjalanan dalam jarak yang jauh. Dari sekian banyak jenis burung puyuh, burung puyuh jepang yang terkenal dengan kemampuan terbang yang lebih jauh jika dibandingkan dengan spesies burung puyuh yang lainnya. Oleh sebab itu ia lebih unggul dari burung puyuh lainnya.


Untuk membedakan antara burung puyuh jantan dan betina bisa dilihat dari ukuran tubuhnya. Burung puyuh jantan dewasa akan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada burung puyuh dewasa betina. Selain itu burung puyuh jantan ini bulu di bagian dadanya berwarna cokelat polos sedangkan betina memiliki corak totol di sekitar bulu dadanya. Yang istimewa dari burung yang satu ii adalah memiliki corak pada telur yang dihasilkannya. Coraknya yang unik inilah yang disukai oleh anak-anak. Dalam sekali berterlur, burung puyuh betina mampu menghasilkan 10 � 20 butir telur. Kemudian ketika ia tidak produktif lagi menghasilkan telur pada usia 1,5 tahun maka para peternak akan memanfaatkan dagingnya untuk diolah.

Wynono

E-mail : admin@pottermaniac.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*